Wednesday, October 3, 2012

Tips: Langkah awal memulai Eating Clean

Mar 17, '12 8:09 PM
for everyone

Pagi-pagi suamiku sudah berangkat dengan teman baiknya, Dondy, untuk bersepeda di Puncak. Dan walaupun ini hari Minggu, aku tetap berenergi dan bangun tepat jam 5 pagi. I had a good fun in the kitchen, bereksperimen resep menu sarapan baru untuk variasi keluarga, terutama anak-anak. Biasanya, sarapan yang berbeda dari biasanya, tapi tetap kaya nutrisi dan serat, membuat hari Minggu kami lebih menyenangkan, lahir dan bathin.

Di akhir minggu ini, aku hanya ingin berbagi sedikit tips proyek Eating Clean.

Untuk yang ingin memulai atau menjalankan proyek Eating Clean-nya sendiri, pertama-tama harus diingat: proyek ini tidak akan membawa hasil secara instant!

Semuanya harus dijalani perlahan dan bertahap. Marathon. Tekad, konsisten dan disiplin. 

Pola makan dan hidup sehat yang sekarang menjadi kebiasaan keluarga kami serta kondisi kesehatan yang lebih baik kami adalah hasil menjalankan Eating Clean selama hampir 8 bulan. 

It is a major lifestyle changes, pada dasarnya!

Jadi, lakukan dengan penuh tekad, kesadaran dan disiplin. Dan lakukan untuk alasan yang benar, yaitu untuk sehat lahir bathin. Untuk hidup yang lebih berkualitas. 

Untuk yang ingin memulai proyek Eating Clean-nya sendiri (berdasarkan pertanyaan yang banyak aku terima), mulailah dari menghentikan semua makanan dan minuman processed serta mengurangi gula dalam segala bentuknya.

Makanan processed, antara lain: sereal, kue-kue kering kemasan (biskuit, crackers, wafer, bolu, dll),mi instan, daging olahan (kornet, sosis, smoked beef, dll), saus-saus kemasan (saus tomat, saus sambal, saus barbaque, dll) pasta instan, sup instan/kaleng, bubur instan, buah kaleng, sayur kaleng, bahan-bahan kue dan pudding kemasan, keju processed, power/energy bar, permen,candy/chocolate bar, makanan kecil gurih/asin (cheese curls, tortilla chips, potato chips, nachos chips), kacang-kacang kemasan dan banyak lagi. Ganti makanan dengan makanan natural, terutama snack natural (besok, aku share beberapa pilihan snack natural sehat yang gampang dibuat dan cocok untuk kita yang tinggal di Indonesia).

Minuman processed antara lain: minuman soda (regular, diet maupun no sugar), kopi dan teh kemasan, minuman energi, minuman vitamin, minuman yogurt, jus kemasan, sirup, susu kental manis, susu kemasan dengan rasa (cokelat, vanilla dan strawberry) dan  banyak lagi. Ganti minuman dengan AIR PUTIH. Ganti susu berasa dengan susu fresh biasa (low fat ataupun regularmilk, jangan skimmed milk karena kadar gulanya tinggi)

Kurangi gula. Untuk langkah awal, ganti saja dengan madu murni. Kurangi takaran/porsi penggunaannya dari hari ke hari secara bertahap. 

Berdasarkan pengalaman kami, berhenti makanan dan minuman processed serta mengurangi gula adalah langkah detox awal untuk badan dan lidah kita. Kita tidak lagi memasukkan sodium, gula dalam segala bentuk (terutama high fructoce corn syrup) , lemak jahat serta berbagai zat kimia ke dalam tubuh kita (MSG, zat perasa lainnya, zat pewarna, dll).

Jadi, berhenti makanan dan minuman processed serta mengurangi gula adalah langkah awal yang paling mudah untuk memulai Eating Clean. 

Pasang target 1 bulan saja dulu!

Di awal yang terbayang adalah: lama sekali. Tapi sebenarnya, dengan semua kegiatan harian, 1 bulan itu akan berlalu dengan cepat.  Dan nanti, setelah satu bulan, nikmati sendiri efek positifnya; badan, lidah, energi dan mood. 

Dan, setelah menghentikan semua makanan dan minuman processed serta setelah mengurangi gulalangkah-langkah selanjutnya dalam Eating Clean akan terasa lebih mudah karena badan dan lidah kita sudah menjadi lebih bersih dan energi kita sudah meningkat.

Banyak orang yang gagal melakukan ini. Mari, menjadi orang yang berhasil :) 

Have a good weekend and wishing you all the best!

No comments:

Post a Comment