Wednesday, October 3, 2012

Eating Clean membuat puasa kami lebih menyenangkan!


Jul 28, '12 5:52 AM
for everyone


Juli 2012, 11 bulan sudah kami sekeluarga menjalankan pola makan sehat Eating Clean, yang menurut buku “The Complete Idiot Guide’s to Eating Clean, “Eating Clean is more than a diet – it’s a lifestyle with an overall focus on sound nutrition, good health, and regular physical activity. And since clean food is typically low in fat, calories, sodium, and sugar (all the bad stuff!) and high in fiber, vitamins, and minerals (all the good stuff!), clean eaters enjoy incredible health benefits like weight loss (and let me add: also healthy weight gain), reduced risk of chronic illness, and improved strength”.

Di bulan puasa ini, kami sekeluarga berpuasa sambil tetap menjalankan pola makan Eating Cleankami. Gampang, kok! Sahur dan berbuka puasa tetap dengan makanan natural (non proses/olahan dan non-kemasan) yang tinggi serat, vitamin dan mineral.  Kami makan karbohidrat sederhana (nasi merah, nasi cokelat atau roti gandum), sayur dan buah segar, serta protein (hewani-rendah lemak dan nabati). Kami makan makanan yang diolah sendiri (masakan rumah) dan diolah dengan cara praktis tapi sehat: dikukus, tumis, dipanggang atau dimakan mentah dengan bumbu (salad). Dan kami banyak minum air putih.

8 hari berjalan, untuk kami, pola makan sehat Eating Clean membuat puasa kami lebih menyenangkan!

Tidak repot, tidak boros, dan yang penting: badan terasa segar dan sehat selama menjalankan puasa!

Sama dengan sarapan pagi yang sehat dan benar, makan sahur dengan makanan yang “tepat” dan sehat (kami makan nasi coklet dan banyak sayur) membuat kami tidak merasakan lapar yang berlebihan selama menjalankan ibadah puasa. Kami juga tidak merasa lemas ataupun mengantuk. Sebaliknya, badan terasa sangat segar dan bertenaga sepanjang hari. Semua aktifitas harian, termasuk olah raga rutin, tetap dapat kami jalankan dengan lancar. Pada saat berbuka puasa, kami tidak pernah di”serang” rasa lapar yang berlebihan dan keinginan untuk menyantap makanan yang gurih maupun manis. Segelas air putih atau air kelapa muda murni tanpa gula atau jus sayur segar cukup membuat kami segar pada saat berbuka puasa.

Kali ini aku ingin berbagi resep jus sayur segar yang selalu aku buat untuk berbuka puasa dan selalu diminum dengan lahap oleh keluargaku (termasuk anak-anakku). Bahannya gampang didapat, tidak mahal dan cara membuatnya juga praktis. Tapi khasiatnya juara! Badan terasa segar dan pencernaan menjadi lancar. Untuk yang sudah/mau memulai pola makan sehatnya, boleh dicoba …

Bahan:
-   beberapa batang seledri
-   1 genggam daun parsley
-   2 buah timun
-   1 apel hijau (atau merah)
-   1 iris nenas
-   perasan air ½ lemon
-   es batu
-   air putih secukupnya

Cara membuat:
Cuci bersih semua bahan.
Blender semua bahan bersama-sama.
Jangan disaring (agar serat2nya tidak terbuang).
Simpan dalam kulkas supaya tetap segar.
Aduk terlebih dahulu sebelum diminum (paling enak diminum dingin).

Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment